Abstrak: Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Binangun Jati Unggul sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan menjadi penyumbang Pendapatan Asli Desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat permasalahan dalam pengelolaan BUM Desa khususnya dari segi pemasaran yang masih rendah maka penulis memberikan ide alternatif pemecahan masalah tersebut. Keterlibatan teknologi mampu menciptakan sistem pemasaran online yang berguna bagi kesuksesan pengelolaan BUM Desa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah BUM Desa Binangun Jati Unggul belum berjalan optimal. BUM Desa Binangun Jati Unggul masih menghadapi persoalan terkait kualitas SDM yang minim, keterbatasan modal, dan pemasaran yang lemah. Model pengembangan BUM Desa berbasis digital marketing sebagai upaya mendongkrak pemasaran BUM Desa menjadi lebih luas. Kehadiran teknologi canggih merupakan tuntutan zaman yang harus dipenuhi dalam menjalankan kegiatan usaha pertanian melalui kolaborasi dan sinergitas antar lembaga ekonomi pertanian dalam melayani kebutuhan petani. Penerapan digital marketing melalui skema inovatif elektronik pasar tani (e-Pasti) diharapkan dapat memberikan solusi pada sistem pemasaran yang lemah. Dengan demikian, semua kegiatan pertanian berjalan semaki efektif dan efisien serta pangsa pasar menjadi semakin luas yang membawa dampak positif baik bagi pemerintah, petani, pemuda maupun masyarakat sekitar.
Abstract: The existence of the Binangun Jati Unggul Village-Owned Enterprise (VOE) as an effort to improve the community’s economy and become a contributor to Village Original Income. This research aims to see problems in the management of VOE, especially in terms of marketing is still low; the author provides alternative ideas to solving the problem. The involvement of technology can create an online marketing system that is useful for the successful management of VOE. The research method used in this research is descriptive qualitative research. The results of this study are Binangun Jati Unggul VOE has not run optimally. Binangun Jati Unggul VOE is still facing problems related to the quality of human resources minimal, limited capital, and weak marketing. Development style VOE based on digital marketing as an effort to boost marketing The VOE became wider. The presence of advanced technology is a demand of the times that must be met in carrying out agricultural business activities through collaboration and synergy between agricultural economic institutions in serving the farmer’s needs. The application of digital marketing through the innovative farmer market electronic scheme (e-Pasti) is expected to provide solutions to weak marketing systems. Therefore, all agricultural activities run more effectively and efficiently, and the market share is becoming wider, which has a positive impact on the government, farmers, youth, and local communities.
Lebih Lanjut:
Septian, E. (2021). Innovative Scheme: Digital Transformation of Village-Owned Enterprises in Electronic-Based Marketing. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(2), 89-101. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.89-101